Arti Warna


Warna adalah salah satu daya tarik dalam Dunia Desain Grafis, dimana warna – warna yang soft akan menghasilkan kenyamanan tersendiri bagi mata yang melihatnya. Apakah anda akan mencoba menghasilkan warna – wana menarik untuk dilihat ? kita akan bahas pengertian beberapa warna dalam Ilmu Desain kali ini.
Baiklah kita mulai ke topik pembicaraan.

1. Merah (Bold)
Merah adalah warna yang kuat dan juga hangat. Warna ini biasanya di gunakan untuk memberikan efek psikologi “panas, berani dan juga marah” . Beberapa pembahasan dunia juga mengindentifikasi merah sebagai warna yang menarik dan juga sexy. Di dalam pemilihan warna desain, kita bisa menggunakan warna merah karena sifatnya yang kuat.
Red  : Strong & brave, productive, energetic, dynamic, elegant, sexy and charming.

2. Biru (Cold)
 Biru adalah warna yang juga tidak kalah menawan, warna ini kebanyakan di favoritkan oleh para pria – pria “dingin”. Dan jika dalam dunia Desain, biru sering di sebut “warna corporate” karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya. Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat penyendiri.
Blue : Stable, optimistic, calm, prestige, classic, bonafide, dependable, have credibility.

3. Hijau (Fresh)
 Hijau pastinya adalah warna yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan lingkungan dan alam. Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan segar. Dan juga dengan mudah kita bisa memberikan nuansa natural dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap. warna ini sangat lah familiar dan memberikan kesan sejuk kepada mata yang melihat
Green : cool, fresh, renewed, refreshing, calm, peace, comfort.

4. Kuning (Aglow)
Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan. Tidak heran warna kuning identik dengan sesuatu yang baru. Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang yang melihat desain kita. Dalam Desain Grafis kuning bisa digunakan untuk memperkenalkan sebuah produk atau ciptaan baru.
Yellow : Gentle, cheerful, young, the source of life,warm, cheerful, eye catching.

5. Ungu (Majestic)
Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual, megah dan kebijaksanaan. Mengigatkan saya kepada jubah yang digunakan magician sejenisnya di jaman medieval, kebanyakan di dominasi warna ungu. Ungu juga warna yang unik karena sangat jarang kita lihat.
Dengan menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan menarik dan unik pada desain kita, baik kita menggunakan secara overal atau hanya sebagai pemanis saja. Kelemahan warna ini adalah sulitnya di padukan dengan warna lain, kita dituntut kerja ekstra memikirkan warna apa yang cocok bersanding dengan warna unik ini.
Purple : mysterious, spiritual, artistic, creative, eccentric, majestic.

6. Coklat (Warm)
Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman. Selain itu, coklat juga memberikan kesan ‘mutakhir’ karena dekat dengan warna emas. Bisa di bayangkan kesan ‘mahal’ desain dengan kombinasi warna hitam dan coklat muda pastinya akan menghasilkan sebuah kolaborasi yang “wah”. Dan tidak lupa, coklat juga bisa memberikan nuansa yang “dapat di andalkan” dan “kuat”.
Brown: Safe, awake, superb, authoritative, and sweet.

7. Jingga (Carefree)
Jingga adalah hasil peleburan merah dan kuning, sehingga efek yang di hasilkan masih tetap sama, yaitu ‘kuat’ dan ‘hangat’ dan 1 hal baru memberikan efek riang, senang dan bersahabat sekali. Warna ini sering di gunakan pada tombol website yang penting, seperti “buy now” , “register now” dan lainnya yang sejenis, istilahnya adalah “call to action” button.
Dari sisi psikologis sebenarnya warna jingga memberikan kesan tidak nyaman, dan sedikit gaduh. Mungkin karena sebab itulah warna ini sering digunakan pendesain untuk dijadikan penarik perhatian untuk sesuatu yang baru.
Orange : Carefree, friendly, crowded, creative, erotic, happy.

8. Merah Muda (Energetic)
Merah muda adalah warna yang feminin, kalau menggunakan warna ini pasti kamu berurusan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek cinta romantis akan timbul ketika warna ini dilihat. warnya yang tercipta atas kombinasi warna merah dan coklat ini memberikan efek yang berbeda warna ini lebih menggambarkan “gairah yang berani”.
Tetapi banyak juga desainer yang berani menggunakan warna merah muda ini dengan terang-terangan. Misalnya dengan kombinasi hitam dan merah muda dan apa yang terjadi bukan lah hal buruk, tetapi malah menjadi trendy dizaman ini.
Pink : Eyecatching, exciting, charming, cute, romance, interest, lovable

9. Putih (Pure)
Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Banyak sekali pendeskripsian tentang warna ini, tetapi 1 yang akan saya berikan kali ini, bahwa warna putih adalah warna yang netral, sagat murni, sehingga wana ini selalu cocok disandingkan dengan warna apapun. efek suci, murni dan bersih adalah harga mati untuk warna yang 1 ini. Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih adalah langkah yang tepat (walaupun bukan cara satu-satunya).
White : Radiant, clean, pure, elegant, glare, radiant,sterile and romantic.

10. Hitam(Mixed)
Kenapa mixed ? karna Hitam adalah pergabungan seluruh warna yang menjadikan efek yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Saya merasa elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan terasa lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan foto, portfolio atau produk). Tapi tidak selalu efektif di dalam kasus tipografi.

Kombinasi warna yang tepat dapat memberikan karakter dan vibrasi pada suatu desain. Warna lain yang bisa disandingkan dengan warna ini misalnya, pink, putih, hijau stabilo dan banyak lagi tergantung dari kebutuhan kita dalam memberikan pesan kepada orang lain yang melihatanya.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com tipscantiknya.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com